pertemuan 15

Evaluasi Strategi

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang evaluasi strategi secara lebih mendalam.

Pengertian Evaluasi Strategi

Evaluasi strategi adalah cara bagi pelaku bisnis untuk mengevaluasi posisi perusahaan dalam upaya mencapai tujuan strategis. Evaluasi ini memberikan metode obyektif untuk menguji efisiensi dan efektivitas strategi bisnis, serta cara untuk menentukan apakah strategi yang sedang dilaksanakan adalah menggerakkan bisnis ke arah tujuan strategis yang dimaksudkan. Tak hanya itu saja, evaluasi strategis juga dapat membantu mengidentifikasi kapan dan tindakan korektif apa yang diperlukan untuk membawa kinerja kembali sejalan dengan tujuan bisnis.

Hakekat Evaluasi Strategi

Richard Rumelt memberikan empat kriteria yang dapat digunakan untuk mengevaluasi strategi: konsistensi, kesesuaian, kelayakan dan keunggulan.

1. Konsistensi

Sebuah strategi tidak boleh menunjukkan tujuan dan kebijakan yang tidak konsisten. Konflik organisasi dan pertikaian antar departemen seringkali merupakan gejala gangguan manajerial, tetapi persoalan ini juga bisa merupakan sebuah tanda ketidakkonsistenan strategis.

2. Kesesuaian

Mengacu pada perlunya penyusun strategi untuk mencermati serangkaian tren, termasuk tren individual dalam mengevaluasi strategi. Sebuah strategi harus mewakili respon adaptif terhadap lingkungan eksternal dan terhadap perubahan penting yang terjadi di dalamnya.

3. Kelayakan

Strategi tidak boleh menguras seluruh sumber daya yang tersedia atau menciptakan anak-anak persoalan yang tidak terpecahkan.

4. Keunggulan

Sebuah strategi harus memfasilitasi upaya menciptakan dan atau mempertahankan keunggulan kompetitif di bidang aktivitas tertentu. Keunggulan kompetitif biasanya merupakan hasil keunggulan dari bidang sumber daya, keterampilan dan posisi.

Evaluasi strategi penting karena organisasi mengahadapi lingkungan yang dinamis dimana faktor-faktor eksternal dan internal utama sering berubah dengan cepat dan dramatis. Namun, Evaluasi strategis menjadi semakin sulit seiring berjalannya waktu. Beberapa kesulitan dalam proses evaluasi strategi, antara lain :

  • Meningkatnya kompleksitas lingkungan yang dramatis.
  • Semakin sulitnya untuk memprediksikan masa depan secara akurat.
  • Bertambahnya jumlah variabel.
  • Cepatnya laju pengusangan bahkan untuk rancangan yang paling bagus sekalipun.
  • Semakin banyaknya kejadian di dalam negeri dan dunia yang mempengaruhi organisasi.
  • Berkurangnya rentang waktu untuk menjalankan perencanaan dengan derajat kepastian tertentu.
Kerangka Kerja Evaluasi Strategi

1. Menelaah Berdasarkan Strategi

Menelaah prinsip dasar strategi organisasi dapat dilakukan dengan melakukan revisi terhadap matriks EFE dan matriks IFE. Matriks IFE harus berfokus pada perubahan yang terjadi dalam manajemen organisasi, pemasaran, keuangan/akuntansi, produk/operasi, litbang, serta kekuatan dan kelemahan sistem informasi manajemen. Revisi matriks EFE harus menunjukkan seberapa efektif strategi perusahaan dalam merespons peluang dan ancaman.

2. Mengukur Kinerja Organisasi

Mengukur kinerja organisasi berguna untuk membandingkan antara hasil yang diharapkan dengan hasil sesungguhnya, menyelidiki deviasi dalam rencana, mengevaluasi kinerja individu, dan menilai perkembangan yang terjadi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 

3. Mengambil Tindakan Korektif

Mengambil tindakan korektif adalah melakukan perubahan untuk memosisikan kembali perusahaan ke tempat yang lebih kompetitif bagi masa depan. Contoh perubahan yang mungkin dibutuhkan adalah memperbaiki struktur organisasi, mengganti satu atau dua individu yang penting, menjual sebuah divisi, atau merevisi misi perusahaan.

Balanced Scorecard

Analisis balanced scorecard membantu perusahaan mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dan mengkombinasikan informasi itu dengan ukuran-ukuran keuangan untuk mengevaluasi strategi yang telah diterapkan secara efektif dan memadai.

Sebuah contoh balanced scorecard menilai enam isu utama dalam mengevaluasi strateginya :
  1. Konsumen
  2. Manajer/Karyawan
  3. Operasi/Proses
  4. Komunitas/Tanggung Jawab Sosial
  5. Etika Bisnis
  6. Keuangan
Demikianlah artikel singkat yang membahas tentang evaluasi strategi, semoga artikel ini mudah dipahami dan dapat bermanfaat untuk kita semua.

Komentar