pertemuan 5

Visi dan Misi Perusahaan

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang visi dan misi perusahaan secara lebih mendalam.

Pengertian Visi dan Misi

Visi adalah gambaran besar, tujuan utama dan cita-cita suatu perusahaan, instansi, pribadi atau organisasi di masa depan.

Misi adalah keseluruhan tugas pokok yang dijabarkan dari tujuan strategik untuk mewujudkan visi organisasi.

Visi dan misi merupakan kerangka kerja praktis untuk mengembangkan pernyataan misi perusahaan yang mencari laba atau nirlaba disajikan dan diuji secara kritis. 

Perbedaan Visi dan Misi

Visi dan misi adalah satu kesatuan, namun masing-masing memiliki perbedaan dalam pengertian. Berikut ini perbedaan visi dan misi, antara lain :

  • Visi lebih kepada gambaran secara garis besar, tujuan utama, atau cita-cita tertentu dari sebuah perusahaan, organisasi ataupun instansi di masa mendatang atau masa depan. Sedangkan misi sendiri lebih kepada gambaran dari langkah-langkah yang aka dikerjakan untuk bisa mewujudkan cita-cita tersebut.
  • Visi lebih berwujud cita-cita dalam jangka panjang dan ia memiliki orientasi yang kedepan. Sementara visi wujudnya lebih kepada cita-cita jangka pendek yang orientasinya lebih kepada masa saat ini.
  • Untuk visi umumnya berisi pernyataan yang sifatnya umum. Sementara misi biasanya berisi pernyataan yang lebih detail dan khusus.
Manfaat Visi dan Misi

Tidak dapat dipungkiri bahwa visi dan misi dalam sebuah organisasi punya peranan yang sangat penting. Mengacu pada pengertian visi dan misi diatas, berikut ini adalah beberapa manfaat visi dan misi dalam organisasi :

Manfaat Visi
  • Menjadi media untuk menjembatani kondisi organisasi saat ini dan di masa depan.
  • Meningkatkan standar kerja yang lebih baik.
  • Menumbuhkan rasa memiliki terhadap organisasi.
  • Menumbuhkan dan meningkatkan tanggung jawab dan etos karyawan.
Manfaat Misi
  • Menentukan tujuan dasar sebuah organisasi.
  • Menciptakan kondisi organisasi yang sehat seperti pada umumnya.
  • Menjadi pedoman dalam membuat rencana bisnis.
  • Membantu individu untuk mengidentifikasi tujuan organisasi.
  • Memacu organisasi untuk berinovasi untuk menghadapi persaingan.
  • Membantu individu maupun organisasi dalam mengambil keputusan yang sesuai dengan visi organisasi.
  • Memberikan dan menterjemahkan tujuan dasar organisasi sehingga parameter waktu, biaya, dan kinerja dapat dikontrol dan dievaluasi.

Proses Mengembangkan Pernyataan Visi dan Misi

Satu pendekatan yang digunakan secara luas untuk mengembangkan pernyataan visi dan misi adalah :

  • Pertama, memilih beberapa artikel mengenai pernyataan ini meminta semua manajer untuk membaca sebagai informasi latar.
  • Kemudian mintalah para manajer tersebut untuk membuat sendiri pernyataan visi dan misi bagi organisasi.
  • Lalu, seorang fasilitator atau dewan manajer puncak menyatukan pernyataan-pernyataan ini kedalam sebuah dokumen dan membagikan draf pernyataan kepada semua manajer. Permintaan akan berubah, penambahan, dan penghapusan diperlukan setelahnya saat diadakan sebuah pertemuan untuk merevisi dokumen tersebut.
  • Begitu semua manajer telah memberikan masukan mereka serta mendukung manajer untuk aktivitas perumusan, penerapan, dan pengevaluasian strategi.
Pentingnya Visi dan Misi

Visi dan misi diperlukan oleh setiap organisasi atau perusahaan. Sebenarnya setiap lembaga perusahaan berdiri dengan adanya keinginan atau tujuan atau target yang ingin dicapai. Maka untuk mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan tersebut tentunya perlu dilakukan untuk dapat mencapai tujuan perusahaan. Jadi adanya visi dan misi yang telah ditetapkan oleh perusahaan dapat membuat kinerja para karyawan di perusahaan menjadi semakin optimal. Bahkan apa yang dikerjakan oleh para karyawan bisa menjadi semakin efektif dan efisien. Dengan adanya kinerja yang maksimal maka pada akhirnya perusahaan akan semakin mudah dalam mencapai tujuannya.

Demikianlah artikel singkat yang membahas tentang visi dan misi perusahaan, semoga artikel ini mudah dipahami dan dapat bermanfaat untuk kita semua.


Komentar